Sabtu, 23 Januari 2016

Contoh Fungsi Referensi di Ms. Excel


Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang diinginkan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Kunci ini berupa sel referensi atau nilai, seperti kode, nomor anggota, nama, dan sebagainya. Jika tabel tersusun secara vertikal, kita menggunakan fungsi VLOOKUP. Dan, jika tabel tersusun secara horizontal, maka kita menggunakan fungsi HLOOKUP.
Berikut ini adalah rumus VLOOKUP yang akan saya contohkan.
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup).

Contoh :
Pada sel B5 terdapat data nama karyawan, di sel C5 terdapat data golongan. Dan pada tabel yang berbeda terdapat data golongan pada sel A17, dan data gaji pada sel B17. Jika di sel D5 terdapat fungsi  =VLOOKUP(C5;$A$17:$B$20;2). Maka di sel D5 tercetak gaji dari karyawan tersebut.


gambar 1. Terdapat data 


gambar 2. Masukkan rumus


gambar 3. Klik enter untuk melihat hasilnya


gambar 4. Blok dan tarik ke bawah kolom gaji agar terlihat semua gaji karyawan

0 komentar:

Posting Komentar