Company
profile (Profil perusahaan) adalah laporan yang memberikan gambaran tentang
sejarah, status saat ini, dan tujuan masa depan sebuah bisnis. Sebuah profil
perusahaan bisnis dapat sesingkat satu halaman, atau mengandung data yang cukup
untuk mengisi beberapa halaman. Walaupun ada sejumlah format yang berbeda yang
digunakan menyusun sebuah profil, ada beberapa jenis informasi penting yang wajib disertakan.
Setiap
jenis laporan profil perusahaan, informasi kontak selalu disertakan. Informasi
kontak mungkin tidak lebih dari sekedar alamat fisik dan surat untuk kantor
pusat perusahaan, atau mungkin termasuk nama dan alamat dari petugas atau
eksekutif tertentu dari perusahaan. Biasanya nomor telepon dan nomor faks juga
dimasukkan dalam data kontak dasar. Dalam beberapa tahun terakhir, alamat email dan informasi umum juga dianggap
penting dalam sebuah profil perusahaan.
Selain
informasi kontak, profil perusahaan biasanya mencakup beberapa informasi
tentang latar belakang dan sejarah dari bisnis yang bersangkutan. Ini termasuk
data mengenai kapan perusahaan itu dibentuk, nama-nama pendiri, dan bagaimana
perusahaan tumbuh berkembang dari pertama kali didirikan. Kadang pernulisan
prosa perjalanan jatuh bangun dari sebuah perusahaan di sangkut-pautkan dengan
perkembangan bisnis terkait pada saat terkini. Meski sebuah company profile
tidak mencakup sejarah yang sangat lengkap, hal itu seringkali telah dianggap
cukup untuk memberi pembaca gambaran tentang perusahaan tersebut melewati tahun
tahun perkembangannya.
Company
Profile juga seringkali menyertakan beberapa statistik umum berkaitan dengan
status bisnis. Hal ini dapat mencakup informasi seperti jumlah pabrik, kantor,
atau operasi lain yang saat ini dimiliki perusahaan. Selain itu jumlah karyawan
disebutkan, bersama dengan nominal statistik pendapatan yang dihasilkan selama
tahun fiskal terbaru.
Profil
perusahaan juga bisa memasukkan data mengenai rencana masa depan bisnis. Profil
dapat mendiskusikan rencana untuk ekspansi masa depan dalam hal lokasi, produk
atau jasa baru yang diantisipasi akan ditawarkan dalam waktu dekat, atau
rencana untuk merestrukturisasi operasi sebagai bagian dari strategi untuk
memastikan keberhasilan lanjutan dari bisnis. Namun, profil perusahaan tidak
mungkin untuk memasukkan informasi pada setiap rencana yang belum dibahas dan
disetujui oleh pemegang saham dan pemimpin lain di perusahaan. Semua data yang
ditemukan dalam profil perusahaan dianggap dalam domain publik, dan bebas
tersedia untuk siapa saja.
Banyak
perusahaan memperbarui profil mereka setidaknya sekali setahun. Hal ini
penting, karena pekerja perusahaan tersebut dapat pensiun atau pemilik bisnis
memilih untuk meninggalkan bisnisnya, atau terkadang lokasi bisnis yang kapan saja dapat membuka dan menutup selama
beberapa waktu. Dengan menjaga data, profil dapat dimanfaatkan oleh orang-orang
yang mempertimbangkan kerja sama bisnis, transaksi bisinis, atau bahkan untuk
membeli saham yang dikeluarkan oleh perusahaan.
0 komentar:
Posting Komentar