Sabtu, 07 Maret 2015

Pengertian Grafis atau Gambar


Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Gambar atau grafis dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu gambar biasa (non digital) dan gambar digital. Gambar non digital adalah guratan alat gambar ke suatu media tertentu, misalnya kertas, kanvas, dan media lainnya. Sedangkan gambar digital adalah gambar yang dihasilkan dari pengolahan melalui komputer atau pemotretan menggunakan kamera digital, yang disimpan dalam bentuk file. Gambar digital terbagi menjadi dua jenis, yaitu gambar bitmap dan gambar vektor.
Grafis desain bitmap dibentuk dengan raster/pixel/dot/titk/point koordinat. Titik pixel ditempatkan pada lokasi tertentu dengan nilai warna tersendiri sehingga membentuk pola. Pola yang terbentuk itulah yang menghasilkan kesan gambar. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap artinya semakin tinggi tingkat kerapatan gambarnya tetapi kapasitas file yang digunakan semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter) yang digunakan. Jika gambar beresolusi tinggi ditampilkan pada monitor dengan resolusi rendah maka gambar yang ditampilkan terlihat kasar bahkan terlihat kabur. Satuan ukuran grafis jenis bitmap adalah dpi (dot per inchi) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci. File gambar bitmap mempunyai ekstensi .bmp, .jpg, .tiff, .gif, dan sebagainya. Beberapa program aplikasi komputer yang digunakan untuk pengolah gambar bitmap yaitu Paint dan Photoshop.
Sedangkan gambar vektor tersusun dari sekumpulan garis dan kurva. Garis dan kurva tersebut disusun sedemikian rupa sehingga membentuk suatu pola gambar yang diinginkan. Gambar vektor tidak dipengaruhi oleh resolusi gambar atau titik pixel (dpi) seperti halnya gambar bitmap. Jika gambar vektor diperbesar berapa kalipun tidak akan menjadi pecah, karena warnanya solid (bukan titik pixel). Contoh desain grafis menggunakan gambar vektor antara lain desain logo, layout kartu undangan, kartu nama, dan lain-lain. Beberapa program aplikasi komputer yang digunakan untuk pengolah gambar vektor yaitu CorelDraw, Freehand, Inkscape.
Grafik vektor dan grafis bitmap mempunyai keunggulan dan kelemahan masing-masing. Keunggulan grafik vektor adalah ukuran file dokumen yang dihasilkan kecil, sehingga menghemat memori penyimpanan file. Kelemahan grafik vektor adalah pemakaian prosesor yang menggunakan memori lebih banyak sehingga komputer bekerja labih lambat. Desain bitmap menggunakan memori prosesor lebih kecil sehingga proses kerja cepat, namun ukuran file dokumen yang dihasilkan besar sehingga penggunaan memori penyimpanan dokumen menjadi besar. Selain itu kehalusan gambar grafis vektor tidak bergantung pada ukuran dpi, tetapi pada perangkat keluarannya, seperti monitor dan printer.
Berdasarkan hal tersebut, perbedaan antara grafis vektor dan grafis bitmap terletak pada kualitas gambar yang dihasilkan. Ketika ukuran file dokumen diperbesar, kualitas gambar grafis vektor tidak berubah sedangkan gambar grafik bitmap menjadi pecah. Selain itu terdapat perbedaan antara grafis vektor dan grafik bitmap lainnya yang terlihat pada tabel berikut ini :

Vektor
Bitmap
Tersusun oleh garis dan kurva
Tersusun atas titik-titik/dot
Ukuran file yang dihasilkan kecil
Ukuran file yang dihasilkan besar
Kualitas grafis tidak bergantung dari banyaknya pixel
Kualitas grafis bergantung dari banyaknya pixel

0 komentar:

Posting Komentar