Kali ini saya memposting salah satu tugas mata kuliah saya, yaitu Pengantar Ilmu Ekonomi Mikro. Jika ada kekurangan mohon dimaafkan ^_^ ...
1. Perilaku Konsumen atau Selera Konsumen
Karena setiap
tahun Industri Otomotif selalu mengeluarkan produk baru yang memiliki
keunggulan dari produk-produknya yang lama, akhirnya keunggulan yang ditawarkan
itu akan berpengaruh pula dengan tingginya perilaku konsumen atau selera
konsumen akan sepeda motor. Kelebihan tersebut, diantaranya yaitu :
a.
Tampilan yang lebih sporty
dan dinamis,
b.
Design yang lebih menarik
dan lebih trendy,
c.
Catatan akselerasi yang lebih agresif dan performa yang tinggi,
d.
Serta chassis bodi yang menarik.
Tingginya pertumbuhan minat remaja terhadap sepeda motor yang
memiliki spesifikasi seperti itu membuat permintaan di pasaran menjadi tinggi
atau naik.
2. Ketersediaan dan Harga Barang Sejenis Pengganti dan
Pelengkap
Ketersediaan akan sepeda motor, suku cadang original
maupun kw, dan accessories motor telah terbukti aman, dengan tersedianya sepeda
motor dan semua jenis suku cadang serta accessories motor di bengkel-bengkel
dan dealer-dealer. Karena sepeda motor, suku cadang, maupun accessories motor
mudah didapatkan dan harganya relatif masih terjangkau, maka kemampuan
masyarakat untuk membeli motor akan meningkat.
3. Pendapatan atau Penghasilan Konsumen
Ada
beberapa hal yang mempengaruhi permintaan sepeda motor dalam hal pendapatan
atau penghasilan konsumen, yaitu :
a. Inflasi,
pendapatan masyarakat cenderung tetap namun harga kebutuhan pokok meningkat
akibat inflasi nilai tukar Rupiah terhadap Dolar. Akhirnya masyarakat
mengalokasikan pendapatannya ke kebutuhan pokok dan mengesampingkan
keinginannya untuk membeli sepeda motor.
b. Kenaikan
harga Bahan Bakar Minyak, dengan mempertimbangkan kenaikan harga BBM tersebut akhirnya
masyarakat lebih memilih mengalokasikan dananya ke kebutuhan lain daripada
membeli motor yang pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan pada pengeluaran
mereka.
c.
Aturan pelonggaran uang muka, pelonggaran
uang muka untuk kredit kepemilikan kendaraan bermotor dinilai tidak berdampak
banyak karena hanya dipangkas sebanyak 5 persen saja dari 25 persen dari total
harga menjadi 20 persen.
d. Subsidi
listrik dicabut sehingga membebani konsumen.
Dari
keempat hal di atas dapat diambil kesimpulan bahwa permintaan sepeda motor
dengan memperhatikan faktor pendapatan atau penghasilan konsumen adalah
masyarakat akan lebih memilih untuk menunda keinginannya membeli sepeda motor
mengingat banyaknya beban yang harus ditanggung oleh konsumen.
4. Perkiraan Harga di Masa Depan
Ada beberapa hal yang
mempengaruhi permintaan sepeda motor dalam hal perkiraan harga di masa
datang, yaitu :
a. Inflasi, inflasi yang
berkepanjangan membuat Rupiah terpuruk. Walaupun pada hari Jum’at (9/10/2015)
Rupiah sempat menguat ke level Rp.13.400/USD, tetapi Rupiah kembali melemah ke level
Rp.13.471/USD pada Rabu (13/10/2015). Inflasi ini menyebabkan daya beli
masyarakat terhadap sepeda motor menurun. Pelemahan Rupiah terhadap Dolar turut berdampak
pada industri sepeda motor, bagi produsen motor sport, dampak depresiasi kurs
negatif karena sebagian bahan baku masih impor.
b. Kebijakan terkait harga bahan bakar minyak, pemerintah
memastikan akan mengeluarkan kebijakan terkait harga bahan bakar minyak
bersubsidi pada akhir tahun ini. Hal ini menyusul pelemahan harga minyak dunia
yang pada Senin (14/9/2015) sempat menyentuh 44,00 Dolar AS per
barrel. Penurunan harga BBM sangat mungkin terjadi apabila harga minyak dunia terus
tertekan.
Dari 2 hal di atas dapat diambil kesimpulan
bahwa perkiraan permintaan sepeda motor dimasa depan belum bisa dipastikan
akibat nilai tukar rupiah yang masih terus berubah dan kebijakan pemerintah
terkait BBM yang masih belum pasti. Nilai tukar Rupiah yang terus melemah akan berdampak terhadap kemampuan masyarakat membeli
motor, terlebih dengan naiknya harga sejumlah kebutuhan pokok, membuat
orientasi belanja masyarakat akan lebih terfokus pada pemenuhan kebutuhan dasar
ketimbang produk sekunder. Akan tetapi
kebijakan pemerintah terkait harga bahan bakar minyak yang belum dipastikan memberi
sedikit angin segar kepada masyarakat sehingga memberikan peluang kepada
masyarakat untuk bisa membeli sepeda motor dimasa depan.
5.
Banyaknya atau Intensitas
Kebutuhan Konsumen
Karena kebutuhan masyarakat
akan alat transportasi belum bisa dipenuhi oleh pemerintah, maka masyarakat
memilih untuk membeli sepeda motor untuk alat transportasi pribadinya. Sepeda
motor dipilih karena sangat sesuai dengan
kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Selain harga yang masih dapat
dijangkau, fitur yang memadai ,hemat bahan bakar, serta desain sepeda motor
yang cukup menarik juga menjadi salah satu factor banyaknya masyarakat yang
membeli sepeda motor.
0 komentar:
Posting Komentar