Sabtu, 24 Oktober 2015

Gimana Sih Sejarah Pancake ?



Sore Gengs, siapa yang suka Pancake ? Pasti ngga ada yang ga suka sama si makanan manis ini. Nah, buat yang suka makan kue ini kalaian juga harus tau gimana sih sejarahnya. Postingan kali ini akan membahas tentang sejarah Pancake.

Pancake, atau dikenal pula dengan kue panekuk, sebenarnya resep yang sudah ada cukup lama. Sejarah pancake bahkan bermula dari kehidupan masyarakat Romawi kuno. Kue yang punya ciri gepeng ini awalnya bernama Alita Dolcia (makanan manis) yang terbuat dari bahan tepung, susu, dan bumbu. Bahan ini lalu dipanggang dengan wajan ceper. Oleh masyarakat Romawi, pancake disajikan dengan menambahkan madu atau sirup buah.

Dalam perkembangannya, pancake makin populer di Eropa sejak tahun 1430-an. Pancake menjadi makanan khas warga Timur Eropa seperti di Mardi Gras. Di sana pancake dijadikan menu khas hari Shrove Tuesday atau Pancake Tuesday yang disajikan sehari sebelum hari Paskah tiba.

Seperti dikutip Kompas, resep pancake mkin menyebar. Orang Jerman membuat pancake dari bahan utama kentang. Di sana disebut dengan pfannkuchen yang punya bentuk cenderung padat. Sementara di Irlandia, panceke juga dari kentang yang disebut boxty. Anda kenal crepes? Ini adalah pancake khas Prancis yang dibuat lebih tipis dan renyah.

Kue dadar tersebut kini disajikan dengan berbagai penyajian dan rasa. Namun, pancake posisinya tetap sebagai camilan yang berkelas dan tidak sama dengan camilan lainnya. Di Jerman, pancake dijadikan makanan pencuci mulut. Bahkan, pancake biasa menjadi hidangan utama untuk  masyarakat di Inggris.

Beda negara, beda pula penyajian pancake. Mau disantap sebagai makanan selingan atau makanan utama sah-sah saja. Pastinya pancake memiliki penggemar tersendiri dan resepnya selalu berkembang setiap masa.

0 komentar:

Posting Komentar