Minggu, 11 Oktober 2015

Jenis-Jenis Pemasaran Perusahaan dan Contohnya


1.       Pemasaran Domestik (Domestic Marketing), contohnya adalah PT. Garuda Indonesia dan Batik Garutan. Karena pemasarannya yang secara nyata ditujukan kepada pasar dalam negeri. Orientasi perusahaan tersebut adalah bersifat “ETHNO CENTRIC”, yaitu bahwa sifat pasar atau Konsumen dimanapun akan sama, sehingga manajemen memandang pasar Domestik padat dengan peluang yang jauh lebih aman.
2.      Pemasaran Ekspor (Export Marketing), contohnya PT. Pindi Mulya Abadi (Perusahaan Furniture) dan PT. Kertas Padalarang. Karena pemasarannya menjadikan pasar di luar negeri sebagai sasaran dan menggantungkan diri pada produksi dalan negeri untuk memasok pasar ini. Fokus dalam pemasarannyapun adalah memanfaatkan produk dan pengalaman dalam negeri.
3.      Pemasaran International ( International Marketing), contohnya adalah PT. Indofood dan Brand Telephone Genggam Nokia. Karena teknik pemasarannya bertindak lebih jauh dari pemasaran ekspor dan terlibat lebih jauh dalam lingkuangan suatu negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis.
4.      Pemasaran Multinasional (Multinational Marketing), contohnya LG dan Dunkin Donuts. Karena pemasarannya yang memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan serta sadar akan perbedaan dan keunikan lingkungan dalam negara tempat perusahaan berbisnis.
5.  Pemasaran Global/Transnasional (Global Marketing), contohnya PT. Sinar Sosro dan PT. Hanjaya Mandala Dji Sam Soe. Karena pemasarannya yang difokuskan pada pemanfaatan aset, pengalaman, dan produk perusahaan secara global serta melakukan penyesuaian pada apa yang benar-benar unik dan berbeda dalam setiap negara.

2 komentar:

  1. mau dapat uang di internet tanpa modal, bahkan sudah ada banyak orang yang membuktikannya, dan terbukti berhasil..

    Sekarang giliran anda, jangan sampai peluang emas ini hilang, karena bisa meraup bayaran harian, klik sekarang disini KERJA COPY PASTE ONLINE

    BalasHapus